5 Misteri Masa Lalu Indoensia Yang Belum Terpecahkan Sampai Sekarang


DuaMisteri - Dunia mengenal Indonesia sebagai negara kepulauan yang memiliki banyak ragam budaya. Indonesia juga surganya wisata kuliner yang unik namun tetap nikmat. 

Terakhir, Indonesia juga gudangnya misteri yang banyak diburu para arkeolog, hingga praktisi mistisme. Negeri yang konon gemah ripah loh jinawi ini masih mengubur misterinya. Menyimpannya rapat-rapat hingga kadang susah untuk dipecahkan.

Berikut lima buah misteri yang berasal dari masa lalu Indonesia. Para peneliti telah mengusahakan berbagai teori namun tetap gagal untuk menguak isi misteri yang sesungguhnya. Mari kita simak bersama-sama misteri apa sajakah yang belum mampu dipecahkan itu.

1. Manusia Hobit dari Flores

Sekitar tahun 2003 silam, tepatnya di Liang Bua, sebuah gua kapur di Flores ditemukan 9 spesimen tulang yang diduga manusia jenis baru. Tubuhnya sangat kecil hingga hanya mencapai 100 cm saja. Para arkeolog dunia saling beradu argumen dan mengatakan apakah yang ditemukan benar-benar manusia atau jenis lain, mungkin hewan kera di zaman purba.

Tulang-tulang yang ditemukan memang kecil, bahkan sampai dijuluki Hobit, manusia kerdil dalam film The Lord of The Ring. Para Arkeolog belum menemukan titik temu tentang siapa gerangan makhluk yang unik ini. Beberapa teori menyebutkan jika ia manusia kuno sebelum Homo Sapien.

Semuanya masuk ke Flores dan mengalami isolasi hingga tubuhnya mengerdil. Apa yang terjadi pada makhluk ini dinamai adaptasi evolusioner, dan dinamai Homo Floresiensis.

2. Suku Lingon, Manusia Bermata Biru dari Hutan Rimba Indonesia
Suku Lingon adalah sebuah suku yang tinggal di sekitar Kepulauan Halmahera bagian selatan. Mereka mendiami hutan belantara dan kadang-kadang keluar untuk mencari makan. Mereka memiliki tubuh yang besar, tinggi, putih, dan mata yang biru. Dilihat dari ciri fisik mereka bukan berasal dari ras-ras yang ada di Indonesia, tapi Eropa.

Suku ini diperkirakan berasal dari bangsa Eropa yang kapalnya karam di pesisir Halmahera. Namun dugaan ini juga masih misteri. Apalagi saat ini suku Lingon juga dipercaya sudah punah di daerah Halmahera. Di masa lalu suku Lingon dianggap jahat oleh penduduk lokal, mereka dianggap kanibal dan memiliki sihir. Meski demikian banyak wanita dari suku Lingon yang cantik ditangkap untuk dinikahi.

3. Situs Megalitikum Gunung Padang
Gunung Padang adalah nama sebuah situs megalitikum yang paling besar di Indonesia, bahkan Asia Tenggara. Situs ini memiliki luas wilayah 20 kali luas Borobudur dan ketinggian mencapai 220 meter. Arkeolog sampai saat ini masih ingin menggali dan menemukan fakta tentang siapa saja orang dibalik pembuatan situs ini. Dan berasal dari era mana.

Misteri Gunung Padang masih menjadi buah bibir di kalangan peneliti dan juga traveler. Banyak dari mereka yang meyakini jika usia dari situs ini lebih tua dari Borobudur dan seangkatan dengan piramida di Mesir. Saat ini situs yang terletak di Cianjur, Jawa Barat ini banyak digunakan orang untuk semedi, mencari wangsit, dan lain sebagainya. Situs ini dipercaya memiliki daya magis yang sangat besar.

4. Misteri Suku Berekor dari Kalimantan
Pada tahun 1879 seorang pelancong asal Norwegia bernama Carl Alfred Bock menjelajah Borneo atau Kalimantan. Saat sampai di Kalimantan ia mendapat berita tentang adanya manusia berekor. Akhirnya ia meminta jasa kepada seseorang yang dipercaya melihat dan tahu letak orang berekor yang disebut oleh penduduk lokal dengan “Orang boentoet”.

Lelah mencari akhirnya Carl menyerang. Manusia berekor tak pernah ditemukan. Meski demikian banyak warga lokal yang mengatakan pernah melihat manusia unik ini. Mereka tinggal di hutan dan hanya keluar di saat tertentu. Bertemu dengan makhluk itu adalah sebuah keberuntungan.

5. Piramida Sadahurip di Garut
Sebuah Piramida ternyata juga ditemukan di Indonesia. Orang-orang menyebutnya Gunung Sadahurip dan saat ini telah ditumbuhi banyak tanaman. Piramida ini awalnya dianggap gunung atau bukit biasa oleh penduduk setempat. Namun jika dilihat secara lebih detail, bentuknya mirip limas yang merupakan ciri khas piramida.

Peneliti masih melakukan pemetaan piramida ini. Dugaan sementara menyebutkan jika piramida ini benar-benar buatan manusia. Bahkan usianya melebihi usia Piramida Giza di Mesir yang terkenal sangat megah. Hingga saat ini, piramida ini belum jelas asal-usulnya. Dan bangsa apa yang kira-kira membangunnya.

Itulah misteri dari masa lalu Indonesia yang tak juga bisa dipecahkan hingga sekarang. Sekarang terbukti kan jika Indonesia juga surganya misteri. Peradaban negeri ini di masa lalu meninggalkan jejak yang patut kita buka semuanya. Dengan begitu Indonesia akan lebih bangga dengan sejarahnya.

Share on Google Plus

About raja hantu

Blog duamsteri.com mengambil berita dan info dari beberapa sumber lain untuk memudahkan pencarian artikel yang berkaitan "Raja Hantu " admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar