5 Hantu Kalimantan Yang Paling menyeramkan


DuaMisteri - Tak hanya kaya akan sumber daya, Indonesia ini juga bergelimang hal-hal yang berbau mistis. Kalau tak percaya, coba deh mampir ke tiap pulau di negara ini. Pasti masing-masingnya memiliki hal-hal mistis sendiri. Hal mistis ini sendiri tak melulu dukun atau semacamnya, tapi juga hal-hal yang berhubungan dengan makhluk halus alias hantu.

Ya, hampir di setiap tempat di Indonesia ada hantu-hantunya sendiri dan masing-masing dari mereka cukup seram. Termasuk pula yang ada di Kalimantan. Mungkin tak banyak yang tahu soal itu, tapi di Kalimantan memang tersembunyi hantu-hantu yang seram luar biasa dan siap bikin siapa pun ketakutan.

Serius, berhadapan dengan salah satu dari mereka pasti akan membuatmu bergidik luar biasa. Dan berikut adalah lima di antaranya yang sebaiknya kamu waspadai ketika menginjakkan kaki di tanah Borneo.


1. Anak Sima, Si Hantu Pemakan Jantung

Cerita ini beredar di masyarakat sekitar sungai hulu tentang keberadaan ‘Anak Sima’. Hal yang dipercaya masyarakat setempat, Anak Sima adalah bayi yang berasal dari hubungan di luar nikah yang dibuang ke hutan untuk menutupi aib. Bayi tersebut kelaparan dan kedinginan di hutan, hingga ia menangis keras. Tangisan tersebut ternyata mengundang datangnya Takau, sang makhluk halus terkuat dalam mitologi Kalimantan Selatan. Takau tersebut akhirnya pun memutuskan untuk mengasuh bayi itu, bahkan memberinya kesaktian.

Konon, Anak Sima sangat suka memakan jantung. Di Kalimantan, tersebar kepercayaan jika mendengar suara bayi menangis di samping rumah, maka mereka mengatakan, “Aku bukanlah ibumu, ibumu adalah anu di kampung anu.” Masyarakat percaya setelah mengatakan itu, maka Anak Sima akan pergi ke tempat yang dimaksud.

2. Rabing, Setan Jahat di Sungai Angker

Rabing dipercaya sebagai hantu sungai di kawasan angker. Konon, hantu tersebut menyerupai tikar yang ada di dalam air.  Namun, kadang Rabing juga kerap digambarkan sebagai makhluk yang mirip dengan penyu sungai yang cangkangnya lunak.

Dipercaya hantu Rabing kerap menggulung orang yang sedang berenang hingga membuat mereka mati lemas. Orang-orang percaya jika datangnya hantu Rabing bisa diketahui ciri-cirinya. Misalnya saja ketika permukaan sungai tenang, namun di dalam air terasa berputar-putar. Dengan mengetahui itu, maka masyarakat akan lebih waspada.

3. Kuyang, Hantu Kepala yang Menakutkan

Masyarakat percaya cerita tentang Kuyang berasal dari seorang wanita yang mendalami ilmu hitam. Wanita tersebut ingin selalu tampil cantik. Namun, ritual untuk mendapatkan kecantikan tersebut haruslah melewati proses mengerikan, yaitu meminum darah sisa orang yang usai melahirkan.

Untuk melakukan aksinya, konon Kuyang mewujud kepala dengan organ dalam yang masih menggantung di bawah kepala. Masyarakat Banjarmasin meyakini bahwa Kuyang takut pada cermin, sisir, dan pisau. Maka dari itu, orang-orang selalu meletakkan benda-benda tersebut di sekitar orang yang baru melahirkan.

4. Takau, Makhluk Jadi-Jadian yang Suka Menggoda Manusia

Konon, makhluk halus bernama Takau adalah makhluk terkuat dan bisa merubah tubuhnya menjadi bermacam-macam, bahkan menjadi manusia. Banyak yang mengatakan jika Takau paling sering berubah menjadi kucing. Sebab dengan wujud tersebut ia dengan muda menggoda manusia.

Hantu Takau kerap kali dihubung-hubungkan dengan hantu Anak Sima. Meski dipercaya memiliki kekuatan besar, namun orang-orang percaya jika Takau jarang sekali menggaggu manusia.

5. Mariaban, Hantu Raksasa yang Menakutkan

Masyarakat Kalimantan kerap menggambarkan Mariaban adalah sosok bertubuh besar dan berwarna merah darah. Konon, Mariaban adalah hantu yang tinggal di daerah pedalaman. Dipercaya kalau hantu ini sangat ganas yang tidak ragu menyerang manusia atau hewan yang berani memasuki wilayahnya.

Meski banyak yang berpendapat bahwa Mariaban sangat menyeramkan, namun ternyata banyak juga orang yang justru mencari makhluk ini. Konon, bulu dari makluk ini bisa digunakan untuk memikat lawan jenis.





Share on Google Plus

About raja hantu

Blog duamsteri.com mengambil berita dan info dari beberapa sumber lain untuk memudahkan pencarian artikel yang berkaitan "Raja Hantu " admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar