Misteri Kidung Lingsir Wengi


DuaMIsteri -  Kalau biasanya sebuah lagu bisa bikin hati senang atau sedih, lagu yang satu ini justru bikin merinding. Masih ingat dengan film Kuntilanak yang dibintangi Julie Estelle? Dalam film itu, Samantha yang diperankan oleh Julie memanggil kuntilanak dengan kidung Lingsir Wengi.

Sebenarnya, seperti apa sih cerita asli di balik nyanyian ini?
Lirik lagu Lingsir Wengi inilah yang disebut-sebut bisa memanggil roh gaib, termasuk kuntilanak. Konon, menurut beberapa orang saksi, saat mereka mendengar lantunan lagu Lingsir Wengi, tiba-tiba muncul sosok seorang nenek berambut panjang terurai dan berwajah pucat, yang sedang berjalan mendekati kita sambil terus menyanyikan lagu tersebut.

BACA JUGA : Keris Dan Keturunan Kerajaan Jawa Terakhir

Hiii... Kabarnya, dulu Lingsir Wengi dijadikan lagu untuk berdzikir di malam hari. Selain itu, lagu ini dipercaya dapat menolak bala seperti santet, malapetaka, penyembuh penyakit, dan mempercepat datangnya jodoh. Namun, seiring berjalannya waktu, lagu Lingsir Wengi justru diartikan sebagai penanda datangnya makhluk halus, seperti kesaksian beberapa orang tadi.

Selain Lingsir Wengi, ada juga beberapa tembang atau lagu dalam tradisi Jawa yang membawa aura mistis. Seperti lagu Telutur yang biasanya dilantunkan untuk mengantar jenazah yang akan dikubur dan tembang Dolanan (lagu permainan) yang biasa dipakai untuk ritual permainan magis Jawa seperti jelangkung.

BACA JUGA : Kisah Keris Mpu Gandring
Share on Google Plus

About raja hantu

Blog duamsteri.com mengambil berita dan info dari beberapa sumber lain untuk memudahkan pencarian artikel yang berkaitan "Raja Hantu " admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar