tarikbaju

3 Mitos Saat Menjelang Magrib


Duamisteri - Entah dari mana mitos saat maghrib menjelang mulai dikenal dan dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Yang jelas, waktu pergantian antara siang dan malam ini menjadi sebuah proses bergantinya suasana dunia dari terang menjadi gelap. Makanya ada pula blog lain yang menulis perihal penjelasan ilmiah tentang beberapa mitos dikala magrib datang.

Mengajarkan ilmu serta kecakapan hidup secara turun temurun seperti belajar bercocok tanam, kesenian, budaya, serta dongeng dan cerita hantu menjadi tradisi yang cukup menarik di Indonesia. Pasalnya dengan metode ini ilmu yang diserap oleh generasi penerus akan lebih mendalam tinimbang teori yang dipelajari di bangku sekolah. Salah satu cerita turun temurun yang hingga kini masih banyak dipercaya oleh masyarakat jawa yakni tentang beberapa mitos saat mahgrib menjelang.
Adapun mitos yang kerap kita dengar dari orang tua maupun kakek dan nenek kita antara lain seperti uraian di bawah ini.

1 Jangan keluar
Larangan keluar saat maghrib memang sangat fenomenal di Indonesia terutama masyarakat jawa yang masih menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaan nya. Hal ini dapat kita buktikan dengan banyaknya masyarakat jawa yang segera masuk ke rumah dikala adzan magrib terdengar di telinga.
Bahkan saking hebohnya larangan ini banyak pula buku primbon yang membahas secara menyeluruh tentang larangan keluar dikala magrib tiba. Selain itu orang tua dulu juga kerap menakut-nakuti anak dengan berbagai macam cerita misteri maupun kisah menyeramkan seperti penampakan hantu, digondol wewe, ditampar genderuwo dan lain sebagainya saat maghrib menjelang.

Meskipun cerita ini belum bisa dipastikan kebenarannya secara ilmiah namun terang saja anak-anak jaman dulu termasuk saya cukup berkesan dengan cerita orang tua tentang larangan keluar saat maghrib tiba.

2 Pamali tidur menjelang maghrib
Menjadi kebiasaan baik jika kita mampu mengendalikan tubuh kita dengan disiplin. Namun jangan sekali-kali membiasakan tidur menjelang maghrib karena menurut orang tua dan beberapa buku primbon kebiasaan ini akan mencelakakan kita dimasa depan.

Bahkan terdapat sumber yang menyatakan bahwa jika seseorang tidur saat maghrib menjelang kelak dirinya akan mengalami kegilaan.

Saya sendiri juga pernah tertidur saat adzan maghrib, dan  benar saja waktu terbangun pikiran menjadi linglung dan bingung dengan keadaan sekitar. Bahkan waktu itu saya terbangun sekitar pukul setengah tujuh malam dan bergegas mengambil seragam sekolah untuk segera mandi dan berangkat sekolah.

Untung saja diingatkan sama ayah saya yang menanyakan mau kemana malam-malam begini, setelah menjelaskan apa yang menjadi fikiran saya akhrinya ayah saya kembali mengingatkan agar tidak tidur saat menjelang maghrib.

3 Mandi Saat maghrib
Larangan mandi ketika maghrib atau senja terlebih bagi seorang wanita yang tengah hamil menjadi salah satu mitos saat magrib menjelang.

Konon seorang wanita hamil yang mandi saat senja datang kelak kulit si buah hati akan kemerah-merahan. Meskipun beberapa penelitian ilmiah membenarkan bahwa ada resiko rusaknya sistem syaraf jika kita suka membiasakan mandi saat senja menjelang namun belum ada ahli yang membenarkan jika mandi kala senja bagi wanita hamil khususnya saat adzan maghrib datang membuat kulit anaknya nanti akan kemerah-merahan.

Demikian 3 mitos saat maghrib menjelang, dari larangan keluar hingga tidur yang menjadi kearifan budaya lokal Indonesia

BACA JUGA : Cerita Misteri Waduk Gajah Mungkur Dan Gunung Pegat Wonogiri

Share on Google Plus

About raja hantu

Blog duamsteri.com mengambil berita dan info dari beberapa sumber lain untuk memudahkan pencarian artikel yang berkaitan "Raja Hantu " admin panel.
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar