17 Feb 2018

Urban Legend Hantu Korban Aborsi "CIBBIU" Sulawesi

Cerita Misteri - Urban Legend Hantu Korban Aborsi "CIBBIU" Sulawesi | Tanah Indonesia kaya akan berbagai cerita yang sangat menarik. Ada banyak kisah mistis yang dapat dijumpai dari berbagai wilayah di Indonesia.


Salah satu cerita yang cukup menyeramkan banyak muncul dari Sulawesi. Di Sulawesi cerita-cerita mitologi memang masih banyak dipercaya dan memang masih sering terjadi. Sebut saja yang cerita yang cukup melegenda bernama hantu Cibbiu. Hantu cibbiu adalah salah satu hantu yang sangat populer di Sulawesi.

Urban Legend Hantu Korban Aborsi "CIBBIU" Sulawesi

Bagi banyak orang, nama cibbiu masih sangat asing dan bahkan belum pernah di dengar. Jika di Nusantara, sobat hantupedia tahu banget kalau hantu yang paling terkenal adalah pocong atau kuntilanak. Namun di Sulawesi, ada hantu cibbiu. Cerita hantu dari Sulawesi ini akan sangat menarik dan cukup menyeramkan.

Mengenal Sosok Hantu Cibbiu
Sobat hantupedia yang belum pernah mendengar mengenai cerita hantu yang satu ini harus membacanya sampai selesai. Hantu cibbiu adalah hantu yang berasal dari Sulawesi selatan. Hantu cibbiu memiliki nama lain yakni hantu ambeku. Hantu ini memiliki bentuk tubuh kecil seperti bayi dengan rambut yang panjang. Selain itu, hantu ini juga memiliki cakar yang tajam. Konon, hantu ambeku atau hantu cibbiu ini adalah arwah dari bayi bayi yang mati dibunuh oleh ibunya atau bayi yang di aborsi. Oleh karena itu, hantu ini memiliki bentuk seperti sosok bayi.

Masyarakat di Sulawesi selatan, percaya jika hantu ini adalah hantu yang sering muncul di waktu magrib terutama pada saat hujan turun atau bahkan setelah hujan. Karena hantu cibbiu ini mati disebabkan oleh kejahatan ibunya, maka hantu ini sangat benci dengan sosok ibu-ibu.

Apabila ada seorang ibu yang berjalan sendirian di waktu magrib, bisa saja di datangi hantu ini dan kemudian di cakar. Hantu ini memang mengincar ibu-ibu karena dendam kesumat yang dimilikinya terhadap mereka yang tega membunuhnya. Namun hantu ini dapat berlaku baik terhadap sosok lelaki paruh baya. Apabila ada bapak-bapak, hantu ini dapat memanggilnya dengan panggilan ambeku. Nah, dari suara panggilan hantu inilah hantu cibbiu juga memiliki nama hantu ambeku.

Versi lain hantu cibbiu dan kisah kekejaman ibu tiri
Selain cerita asal usul hantu cibbiu yang konon merupakan arwah penasaran dari para anak-anak yang dibunuh dengan tega oleh orang tuanya. Ternyata ada versi lain tentang mereka. Kisah tersebut diketahui mirip dengan cerita ala Cinderella atau Bawang merah bawang putih yang terkenal. Yakni cerita seorang anak kecil yang selalu mendapatkan perlakuan buruk dari ibu tirinya. Dia menjadi bulan-bulanan istri baru ayahnya itu hingga akhirnya tewas.

Oleh karena kematiannya yang mengenaskan, arwah anak kecil tersebut kemudian bergentayangan tidak tenang. Bila di waktu-waktu selepas maghrib di Sulawesi Selatan terdengar suara Ambeku.. Ambeku… yang terdengar sayup-sayup diantara rimbun pepohonan hutan, maka orang-orang akan menganggap itu merupakan suara dari hantu Cibbiu yang memanggil-manggil ayahnya. Memanggil untuk menolongnya dari kekejaman ibu tiri. Namun semuanya telah terlambat.

Cerita hantu cibbiu yang satu ini memang sudah sangat populer di penjuru Sulawesi selatan. Hantu cibbiu memang sering muncul pada waktu magrib, oleh karena itu baik ibu-ibu atau bukan sebaiknya tidak keluar rumah saat waktu sudah mulai gelap. Bukan hanya di Sulawesi, memang waktu magrib adalah waktu dimana jin dan setan sedang banyak yang berkeliaran. Orang jaman dahulu selalu melarang anaknya keluar diwaktu magrib karena takut jika diganggu dengan hantu atau jin.

Kisah Hantu cibbiu mulai jarang terdengar
Setelah perkembangan jaman yang semakin modern, wilayah Sulawesi selatan semakin banyak bangungan modern yang dibangun. Ketika suatu tempat semakin modern maka akan semakin banyak juga penduduk yang menghuni. Sobat hantupedia, karena suasana di Sulawesi tidak seperti dulu lagi tentu cerita hantu ini semakin lama semakin berkurang. Sudah banyak orang yang tidak terlalu takut dengan hantu ini karena sudah jarang terjadi. Meskipun sudah jarang terjadi tapi tetap saja hantu ini masih ada dan terkadang masih suka mengganggu. Sobat hantupedia yang masih penasaran dapat membuktikan langsung atau setidaknya mencari tahu cerita dari hantu cibbiu secara langsung kepada masyarakat di sana.

Sobat capoeira, cerita hantu cibbiu ini adalah salah satu cerita populer dari masyarakat Sulawesi selatan. Di masyarakat sulawesi masih ada banyak hantu lain yang masih sering mengganggu. Meskipun hantu ini adalah sesosok anak kecil namun hantu ini sangat menyeramkan apalagi wajahnya yang beragam dan menakutkan. Hantu ini jelas sangat berbeda dengan tuyul. Tuyul memang merupakan jin anak kecil namun kebanyakan dari mereka sangat senang untuk mengambil uang sedangkan hantu ini senang mengganggu wanita atau ibu ibu yang berjalan sendirian.

Baca Juga: SUARA ANEH TENGAH MALAM
Share This
Previous Post
Next Post

Cerita misteri atau cerita horror menjadi sesuatu yang menegangkan untuk dibaca. Namun banyak orang yang penasaran akan hal mistis yang berhubungan dengan dunia gaib. Dan disini www.duamisteri.com menyajikan cerita misteri indonesia yang seru untuk anda ikuti

0 komentar: